[vc_row][vc_column][vc_column_text]Musim hujan akan segera tiba, bukan hanya fisik tubuh yang harus dipersiapkan namun juga rumah. Pasalnya, kala musim hujan penyakit lebih banyak yang datang menghampiri.

Namun apa saja yang harus dipersiapkan di rumah agar rumah bisa aman di kala musim hujan? Berikut daftarnya:

1. Pastikan saluran air dalam kondisi baik

Saluran air akan mendapatkan jatah volume air yang lebih saat musim hujan. Apalagi saluran air di luar rumah. Saluran inilah yang menampung air limbah dari semua rumah di lingkungan tempat tinggal, untuk kemudian menyalurkannya ke saluran yang lebih besar, misalnya sungai atau pusat pengolahan limbah.

Nah, untuk memeriksa dan memperbaikinya, diperlukan sinergi semua warga. Jangan segan untuk memberitahu pengurus RT atau RW jika menemukan kerusakan saluran air. Hal ini harus dilakukan agar pengurus RT atau RW tersebut bisa meminta seluruh warga untuk bergotong royong memperbaikinya.

Saat mengecek saluran air, cek pula pipa-pipa di rumah, pastikan tidak ada pipa yang bengkok atau retak sehingga menambah masalah baru karena dapat menyumbat air.

2. Periksa kondisi atap

Saat musim kemarau, kondisi atap relatif aman, hal yang berbeda terjadi kala musim hujan. Kala atap tidak dalam kondisi baik di musim hujan berarti bocor dan akan merusak rumah dan bisa juga menjadi sarang penyakit.

Untuk itu, segera periksa kondisi atap. Jika atap terbuat dari genteng, maka periksa barangkali ada genteng yang bocor, lalu segera ganti dengan yang baru. Jika atap terbuat dari asbes, maka periksa barangkali ada keretakan.

Selain itu, periksakan juga plafon, jangan-jangan ada yang retak atau juga terkena rembesan air hujan. Kondisi atap juga berpengaruh pada beberapa bidang tembok, atap yang bocor akan menyebabkan air mengalir dan keretakan pada tembok.

Cek juga apakah ada tembok yang retak dan memungkinkan terjadi rembesan air hujan ke dalam rumah. Untuk tembok yang rusak, tidak perlu ganti baru, bisa ditambal ataupun mengganti cat yang anti-bocor dan rembes.

3. Cek kondisi mesin cuci

Musim hujan bukan berarti kegiatan sehari-hari tidak berjalan sebagai mana semestinya. Anggota keluarga kamu tetap ada yang harus ke kantor ataupun bersekolah. Bahkan ada pakaian rutin yang harus digunakan pada hari-hari tertentu.

Sementara itu, pada musim hujan baju-baju tersebut menjadi sangat susah kering akibat sinar matahari yang lebih sering bersembunyi. Karena itulah, mesin cuci, terutama bagian pengeringnya harus dalam kondisi prima.

Tentu akan sangat menyebalkan harus menggunakan baju yang bau karena baju tidak kering dengan sempurna.

Siapkan pula satu ruangan untuk bisa menjemur meski tidak ada matahari namun aman dari tempias hujan. Apalagi saat ini banyak jemuran yang bisa ditempel di dinding, yang efektif terhadap ruang dan juga multifungsi.

4. Siapkan senter dan lilin

Di musim hujan biasanya kerap kali terjadi pemadaman aliran listrik. Hal ini biasanya terjadi ketika hujan besar, apakah karena ada pohon yang tumbang sehingga menimpa kabel listrik, atau karena petir. Untuk itu, harus segera mempersiapkan alat penerangan alternatif. Biasanya yang sering disediakan adalah senter dan lilin. Sediakanlah dalam jumlah yang cukup, sesuai dengan jumlah ruangan di rumah.

Akan lebih baik jika memiliki generator listrik, karena ia tidak hanya dapat menerangi rumah, tapi juga dapat membuat peraatan lainnya beroperasi, seperti TV, lemari es, setrika dan lain-lain.

Namun bersama berjalannya waktu karena generator dibanderol dengan harga lumayan, bisa juga menggunakan power bank. Saat ini banyak beredar di pasaran power bank dan lampu baca atau pun lampu tidur yang bisa menyala dengan daya dari power bank.

Penggunaannya juga cukup mudah, hanya memastikan daya di power bank cukup dan diisi dayanya sehingga sewaktu-waktu mati listrik sudah bersiap.

5. Stok obat

Datangnya musim hujan juga biasanya dibarengi dengan datangnya berbagai jenis penyakit khas musim hujan, seperti flu, demam, diare, dan berbagai penyakit kulit. Sediakanlah obat-obatan untuk berbagai penyakit yang biasa muncul di musim hujan. Jumlahnya pun harus cukup, karena biasanya jika hujan besar kita akan malas keluar rumah, padahal ada anggota keluarga yang sakit.

Bagaimana, apakah kondisi rumah sudah siap menghadapi musim hujan? Kalau ada beberapa bagian rumah yang menurut kamu harus diperbaiki menjelang datangnya musim hujan, segera lakukan sekarang.

Jangan khawatir soal biaya, karena lewat CekAja.com kamu bisa mendapatkan akses pinjaman berbentuk Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang bisa digunakan untuk merenovasi atau memperbaiki rumah.

 

Sumber : https://www.cekaja.com/info/5-hal-yang-harus-disiapkan-di-rumah-sebelum-datang-musim-hujan/[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]